Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 11 Februari 2012

Tips mencegah penyakit pinggang saat bekerja

Penyakit pinggang ini merupakan penyakit ke 2 setelah sakit kepala, yang umumnya terjadi. Mungkin hampir setiap orang pernah merasakan sakit pinggang ini, rata-rata bagi mereka yang bekerja terlalu lama tentunya. Sakit pinggang ini disebabkan oleh trauma punggung bawah atau gangguan sciatica dan artiritis. Hal ini kemungkinan dipicu oleh cedera olahraga, tersentak tiba-tiba kecelakaan mobil, mengangkat mebel, melakukan pekerjaan berat seperti mencangkul, bekerja dirumah dan lain-lain.
Pastinya karna sakit pinggang ini akan menggangu sekali bukan.??? Dikarenakan dengan adanya penyakit pinggang saat bekerja, anda dapat kehilangan semua konsentrasi bekerja karena sakit pinggang. Gejala awal mula sakit pinggang biasanya diawali dengan nyeri atau sakit otot yang menusuk, ketidak mampuan berdiri tegak, atau kaku/keterbatasan rentang gerak tentunya dapat menjalar ke tempat lain dari tubuh.
Nah jika anda sudah mengalami gejala-gejala sakit pinggang seperti diatas, maka saya ada beberapa tips mencegah penyakit pingang seperti yang saya janjikan diatas akan memberikan cara mencegah penyakit pinggang saat bekerja.
1. Selalu melakukan pemanasan,pelenturan atau perenggngan sebelum kegiatan fisik yang berat.
2. Saat bekerja dirumah atau dikantor pastikan duduk di kursi dengan sandaran dan ketinggian posisi tepat untuk tugas tersebut. saat berdiri jaga titik berat badan agar seimbang dengan kaki, jangan membungkuk saat berdiri atau duduk.
3. Kenakan sepatu yang nyaman dan bertumit rendah. serta mintalah bantuan orang lain jika mengangkat benda-benda berat.
4. Tidurlah dengan miring untuk mengurangi tekanan tulang belakang, permukaan yang cukup padat (jangan terlalu empuk) karna akan berpenaruh pada tulang bawah pinggang.
5. Selingi posisi duduk dengan berkala melakukan perenggangan otot rinangan untuk mengurangi terjadinya ketegangan pada otot. Batasi penggunaan komputer dan ambil jeda, alihkan fokus yang jauh pada titik yang jauh dari anda supaya mata bisa rileks sejenak. serta biasakan memgetik dengan menggunakan sepuluh jari agar jika anda bekerja tidak membungkukan badan kedepan keyboard untuk mencari-cari mana huruf yang ingin di ketik.
6. Menjaga nutrisi makanan serta diet untuk mengurangi berlebihan berat badan perbanyak makan buah yang mengandung vitamin D dan kalsium untuk membantu menjaga pertumbuhan tulang baru jangan lupakan diet untuk mengurani lemak di daerah pinggang.
7. Gaya hidup sehat , berolahraga secara teratur dapat mencegah nyeri di pinggang. jika ingin mengangkat objek angkat dengan cara menekuk lutut dan jongkok. jangan mengangkat dengan cara membungkuk, hindari memutar tubuh saat mengangkat.
8. Bila anda perokok, kurangi rokok karna merokok mengurangi aliran darah ke tulang punggung bagian bawah yang menyebabkan cakram tulang belakang mengalami degenerasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar