Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 17 Januari 2012

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami

Penyakit asam urat biasanya dirasakan saat sudah mulai menginjak usia 35 hingga 40 tahun. Salah satu hal yang membuat asam urat menjadi begitu penting karena menyangkut salah satu organ vitak kita, yaitu ginjal, Ginjal mengatur dan mengelola kestabilan tubuh kita. Ginjal pun membuat sisa kandungan asam, termasuk asam urat yang ada di tubuh kita dalam bentuk air seni. Jadi jika proses ini tidak berjalan lancar, maka ada kemungkinan gejala asam urat mulai datang.
Cara Mencegah Asam Urat
Cara untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencegah penyakit asam urat tersebut antara lain :
  1. Gaya hidup yang berlebihan mungkin harus dikontrol dengan baik. Sesibuk apa pun kita, cobalah untuk mencari waktu untuk beristirahat. Kondisi yang sibuk pun cenderung membuat kita berperilaku tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan siap saji dan kurang minum air putih.
  2. Hindari merokok dan mengkonsumsi kopi, es dan alkohol. Hal tersebut secara perlahan dapat merusak fungsi ginjal.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan daging yang berlebihan, terutama yang mengandung lemak dan membuat tubuh kita menjadi panas, seperti konsumsi daging kambing yang berlebihan. Selain itu, makanan yang mengadung kolesterol juga harus dikurangi, seperti makan makanan yang digoreng.
  4. Hindari mandi tengah malam. Pada awalnya memang hanya bisa menyebabkan penyakit rematik. Tapi jika tidak dijaga, lama-lama akan menyebakan asam urat.
  5. Berolah raga minimal dua kali dalam satu minggu. Berbagai kegiatan olah raga yang sederhana bisa diikuti, seperti joging. Olah raga membuat daya tahan tubuh kita kuat, serta membantu fungsi ginjal dalam memperlancar aliran darah dan air seni.
Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami
Bagi anda yang sudah terkena penyakit asam urat dan ingin mengobatinya, berikut ini beberapa hal yang mungkin bermanfaat bagi anda untuk mengatasi dan mengobati asam urat secara alami.
  1. Memperbanyak konsumsi air putih. Air putih jauh lebih baik daripada minuman lainnya dan dapat membantu fungsi ginjal.
  2. Rajin berolah raga dan mengimbanginya dengan meminum vitamin yang cukup, akan membuat tubuh kita mampu terkelola dengan baik, termasuk fungsi ginjal.
  3. Cobalah mengganti pola makan kita menjadi lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran. Selain itu, diselingi dengan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tinggi, seperti roti, susu, dan lainnya.
  4. Rajin mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, sirsak, alpukat, dan lainnya. Hal tersebut merupakan bagian dari ramuan sederhana dan tradisional untuk penyakit asam urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar